WHAT'S NEW?
Loading...
PPC ( Pay Per Click ) adalah sejenis program di mana anda menjadi seorang publisher periklanan online. Peranan anda adalah sebagai pengelola website yang menampilkan iklan dari pihak ketiga di website anda , jadi untuk mendaftar atau mengikuti program PPC tentunya anda harus memiliki sebuah blog atau website pribadi. 

Keuntungan menjadi publisher iklan PPC adalah anda akan mendapatkan laba klik dari iklan yang sudah terpasang di blog anda. 

Besarnya laba klik tergantung dari kebijakan yang telah di tetapkan oleh penerbit iklan. Jika anda ingin mencari uang lewat internet secara gratis dan tanpa resiko saya rasa program ini perlu di coba.

Di antara semua program-program PPC, 

Google AdSense adalah salah satu yang paling banyak digemari oleh publisher karena kemudahan serta bukti yang nyata untuk menghasilkan dolar dengan memasang iklan di situs web atau blog. Dengan semua ini kita bisa menghasilkan penghasilan dolar dari sebuah blog atau situs web. Sementara di Indonesia, ada cukup banyak website PPC/BPK dengan kelebihannya masing-masing khususnya dalam pembayaran.
CTR singkatan dari Click Through Rate. CTR adalah perbandingan dalam persen antara jumlah klik yang diterima suatu Ad Units dengan jumlah tampilan Ad Units tersebut. Misalnya, satu Ad Units yang ditampilkan 40 kali dan diklik 10 kali memiliki nilai CTR 25% (10:40).

Nilai CTR secara tidak langsung dapat menginformasikan, prilaku normal klik terhadap satu unit iklan, dan CTR menjadi referensi google maupun publisher untuk memantau prilaku klik normal pada unit iklan yang bersangkutan, nilai normal untuk CTR adalah 0% sampai dengan 5%, atau bisa juga lebih dari itu tergantung dari jumlah klik terhadap iklan tersebut, namun jikal nilai CTR lebih dari 100% berarti itu sudah terindikasi adanya tindakan tidak normal, kasus tersebut bisa terjadi karena adanya bom klik, klik terus menerus pada iklan yang sama lebih dari 1 kali, kita harus terus memantau dan mewaspadai jika dalam akun google adsense kita mendapatkan informasi nilai CTR dengan nilai besar atau lebih dari 100%, jika terindikasi adanya tindakan kecurangan atau bomklik maka resikonya adalah akun adsense kita dibanned, nilai CTR diatas 100% bisa terjadi jika jumlah klik melebihi jumlah iklan tersebut tampil.

Menghitung CTR
CTR = (jumlah klik/ jumlah impresi) x 100
Misalnya Anda memajang iklan yang menghasilkan 10.000 impresi dan 1000 klik maka nilai CTR Anda adalah:
CTR = (1000/ 10.000) x 100
Maka nilai CTR Anda adalah: 10%.
10% CTR artinya: rata-rata ada 10 orang yang meng-klik iklan Anda dari setiap 100 orang yang melihatnya.


CPM singkatan dari Cost Per Mile yang mana mille berarti 1000 dalam bahasa Latin. CPM, dengan demikian berarti harga per 1000 impresi, dan ia merepresentasikan suatu bentuk online advertising dimana si pengiklan (advertiser) akan membayar harga tertentu ketika iklan banner atau iklan lain mereka ditampilkan setiap 1000 kali di sebuah situs atau blog.

Dalam hal periklanan ini berarti pengiklan akan membayar per 1000 impresi (atau biasa juga disebut page view atau tampilan halaman) dari setiap unit iklan yang ditampilkan di situs/blog kita. Ini adalah salah satu metode yang paling banyak digunakan dalam dunia periklanan internet.
Menghitung CPM
Biaya Advertiser = CPM x (impressions/1000)
Jadi misalnya tarif CPM yang dikenakan ke Anda untuk banner animasi adalah adalah: 1 $, Anda memajang iklan yang memiliki rata-rata 100.000 page views, maka:
Biaya Avertiser = 5 x (100.000/1000)
Maka biaya iklan yang harus Anda bayar untuk 100.000 orang yang melihat iklan Anda adalah: 500 $
Beberapa media lokal memasang tarif dalam rupiah, namun perhitungannya biasanya sama. Anda tinggal mengganti biaya CPM ke rupiah.
Jika Anda takut memasang iklan melebihi budget iklan Anda, maka Anda dapat terlebih dahulu menghitung tarif iklan sesuai budget dengan membalik rumus diatas menjadi:
CPM = Biaya Advetiser (budget iklan) x 1000/ impressions
Misalnya budget iklan Anda hanya 200 $ dan Anda mentargetkan 20.000 orang untuk melihat iklan Anda,  maka perhitungannya:
CPM = 200 x 1000/ 20.000
Maka Anda harus mencari media iklan yang memasang tarif 10 $ untuk iklan CPM mereka.
Perhitungan terakhir ini bisa juga Anda gunakan jika Anda ingin menentukan tarif untuk menjual lokasi banner iklan di website Anda kepada orang lain.


CPC atau disebut juga Cost Per Click adalah salah satu bentuk online advertising dimana si pengiklan (advertiser) memberikan sejumlah uang kepada setiap pengunjung yang meng-klik iklannya dan mengunjungi situs atau halaman penjualan produknya.

Banyak faktor yang bisa mempengaruhi nilai CPC setiap iklan adsense, diantaranya adalah jumlah iklan dalam halaman, jenis iklan yang dipilih, sumber pengunjung dan lain sebagainya.

Program periklanan semisal Google Adsense juga menggunakan model ini. Dalam model periklanan CPC, pemasang iklan akan membayar sejumlah nilai uang untuk setiap klik yang diterima dari publisher. Nilainya bervariasi, antara $0,1 - $50 atau lebih, tergantung dari niche, kompetisi keyword, dan darimana klik tersebut berasal.

Menghitung CPC
CPC memiliki rumus penghitungan yang lebih sederhana. Pada dasarnya Anda harus membayar tarif CPC sesuai dengan jumlah klik yang terjadi, rumusnya:
Biaya Advertiser  = CPC x Jumlah Klik
Sebagai contoh, tarif CPC yang ditetapkan adalah 0.25 $, dan Anda mentargetkan 1000 klik, maka:
Biaya Advertiser = 0.25 x 1000
Dari perhitungan diatas, biaya yang harus Anda bayar adalah: 250 $.
Seperti biasa Anda bisa memutar balik rumusnya untuk menentukan tarif iklan sesuai budget Anda. Rumusnya menjadi
CPC = Biaya Advertiser (budget iklan) / Jumlah Klik
Sebagai contoh, Anda memiliki budget 200 $ dan mentargetkan untuk 10.000 klik. Maka:
CPC = 200 / 10.000
Maka Anda harus mencari media iklan dengan tarif iklan: 0.02 $ per klik.


Salah Satu cara untuk mendapatkan uang $ dari internet adalah dengan CPA \ Kependekan dari cost-per-action, yang artinya suatu bentuk online advertising dimana si pengiklan (advertiser) akan membayar ketika pengunjung sebuah situs melakukan tindakan tertentu (misalnya ketika mereka berlangganan news letter atau membeli sebuah produk tertentu). Kebanyakan program affiliasi seperti Amazon.com menggunakan skema CPA.

Cost per action merupakan suatu program dimana publisher akan dibayar ketika terjadi action/tindakan/transaksi/mendaftar di suatu yang advertiser inginkan dan telah disepakati. Acces trade ini merupakan sistem yang terpercaya, dan bukan scam. Selain itu access trade direkomendasikan oleh detik.com, jika ngak percaya silahkan kunjungi saja blog.detik.com.

Untuk berbisnis jenis ini anda membutuhkan media promosi, bisa melalui social media seperti facebook, twitter, google + atau lainnya, itu pun jika anda memiliki koneksi yang luas. Selain melalui social media juga bisa melalui blog/website. 

Anda dapat membangun blog anda sambil berbisnis cpa ini, tersedia banyak blog gratisan di internet yang bisa anda gunakan untuk promosi, seperti blogger.com, wordpress, mywapblog, dsb.