CPC
atau disebut juga Cost Per Click adalah salah satu bentuk online advertising
dimana si pengiklan (advertiser) memberikan sejumlah uang kepada setiap
pengunjung yang meng-klik iklannya dan mengunjungi situs atau halaman penjualan
produknya.
Banyak faktor yang bisa mempengaruhi nilai CPC setiap iklan
adsense, diantaranya adalah jumlah iklan dalam halaman, jenis iklan yang
dipilih, sumber pengunjung dan lain sebagainya.
Program periklanan semisal Google Adsense juga
menggunakan model ini. Dalam model periklanan CPC, pemasang iklan akan membayar
sejumlah nilai uang untuk setiap klik yang diterima dari publisher. Nilainya bervariasi, antara $0,1 - $50 atau
lebih, tergantung dari niche, kompetisi keyword, dan darimana klik tersebut berasal.
Menghitung CPC
CPC memiliki rumus
penghitungan yang lebih sederhana. Pada dasarnya Anda harus membayar tarif CPC
sesuai dengan jumlah klik yang terjadi, rumusnya:
Biaya Advertiser
= CPC x Jumlah Klik
Sebagai contoh, tarif
CPC yang ditetapkan adalah 0.25 $, dan Anda mentargetkan 1000 klik, maka:
Biaya Advertiser = 0.25
x 1000
Dari perhitungan
diatas, biaya yang harus Anda bayar adalah: 250 $.
Seperti biasa Anda
bisa memutar balik rumusnya untuk menentukan tarif iklan sesuai budget Anda.
Rumusnya menjadi
CPC = Biaya Advertiser (budget iklan) / Jumlah Klik
Sebagai contoh, Anda
memiliki budget 200 $ dan mentargetkan untuk 10.000 klik. Maka:
CPC = 200 / 10.000
Maka Anda harus
mencari media iklan dengan tarif iklan: 0.02 $ per klik.
terima kasih paham sudah
ReplyDeletejangan lupa followback juga gan Budidaya Kakao
ReplyDeleteSangat bermanfaat sheeing nya gan teeima kasih
ReplyDelete