CPM singkatan dari Cost Per Mile yang mana mille
berarti 1000 dalam bahasa Latin. CPM, dengan demikian berarti harga per 1000
impresi, dan ia merepresentasikan suatu bentuk online advertising dimana si
pengiklan (advertiser) akan membayar harga tertentu ketika iklan banner atau
iklan lain mereka ditampilkan setiap 1000 kali di sebuah situs atau blog.
Dalam hal periklanan ini berarti pengiklan akan
membayar per 1000 impresi (atau biasa juga disebut page view
atau tampilan halaman) dari setiap unit iklan yang ditampilkan di
situs/blog kita. Ini adalah salah satu metode yang paling banyak digunakan
dalam dunia periklanan internet.
Menghitung CPM
Biaya Advertiser = CPM x
(impressions/1000)
Jadi misalnya tarif CPM yang dikenakan ke Anda untuk banner animasi adalah adalah: 1 $, Anda
memajang iklan yang memiliki rata-rata 100.000 page views, maka:
Biaya Avertiser = 5 x (100.000/1000)
Maka biaya iklan yang harus Anda bayar untuk 100.000
orang yang melihat iklan Anda adalah: 500 $
Beberapa media lokal memasang tarif dalam rupiah, namun
perhitungannya biasanya sama. Anda tinggal mengganti biaya CPM ke rupiah.
Jika Anda takut memasang iklan melebihi budget iklan Anda, maka Anda dapat terlebih
dahulu menghitung tarif iklan sesuai budget dengan membalik rumus diatas menjadi:
CPM = Biaya Advetiser
(budget iklan) x 1000/ impressions
Misalnya budget iklan Anda hanya 200 $ dan Anda
mentargetkan 20.000 orang untuk melihat iklan Anda, maka perhitungannya:
CPM = 200 x 1000/ 20.000
Maka Anda harus mencari media
iklan yang memasang tarif 10 $ untuk iklan CPM mereka.
Perhitungan terakhir ini bisa
juga Anda gunakan jika Anda ingin menentukan tarif untuk menjual lokasi banner iklan di website Anda kepada
orang lain.
0 comments:
Post a Comment