WHAT'S NEW?
Loading...

Cost Per Mile | Pengertitan dari CPM

CPM singkatan dari Cost Per Mile yang mana mille berarti 1000 dalam bahasa Latin. CPM, dengan demikian berarti harga per 1000 impresi, dan ia merepresentasikan suatu bentuk online advertising dimana si pengiklan (advertiser) akan membayar harga tertentu ketika iklan banner atau iklan lain mereka ditampilkan setiap 1000 kali di sebuah situs atau blog.

Dalam hal periklanan ini berarti pengiklan akan membayar per 1000 impresi (atau biasa juga disebut page view atau tampilan halaman) dari setiap unit iklan yang ditampilkan di situs/blog kita. Ini adalah salah satu metode yang paling banyak digunakan dalam dunia periklanan internet.
Menghitung CPM
Biaya Advertiser = CPM x (impressions/1000)
Jadi misalnya tarif CPM yang dikenakan ke Anda untuk banner animasi adalah adalah: 1 $, Anda memajang iklan yang memiliki rata-rata 100.000 page views, maka:
Biaya Avertiser = 5 x (100.000/1000)
Maka biaya iklan yang harus Anda bayar untuk 100.000 orang yang melihat iklan Anda adalah: 500 $
Beberapa media lokal memasang tarif dalam rupiah, namun perhitungannya biasanya sama. Anda tinggal mengganti biaya CPM ke rupiah.
Jika Anda takut memasang iklan melebihi budget iklan Anda, maka Anda dapat terlebih dahulu menghitung tarif iklan sesuai budget dengan membalik rumus diatas menjadi:
CPM = Biaya Advetiser (budget iklan) x 1000/ impressions
Misalnya budget iklan Anda hanya 200 $ dan Anda mentargetkan 20.000 orang untuk melihat iklan Anda,  maka perhitungannya:
CPM = 200 x 1000/ 20.000
Maka Anda harus mencari media iklan yang memasang tarif 10 $ untuk iklan CPM mereka.
Perhitungan terakhir ini bisa juga Anda gunakan jika Anda ingin menentukan tarif untuk menjual lokasi banner iklan di website Anda kepada orang lain.


0 comments:

Post a Comment